Halaman

12/25/2013

PROPOSAL PENELITIAN



Hubungan kesibukan orang tua terhadap kepribadian  anak  di kota solo


Makalah ini disusun guna memenuhi tugas Mata Kuliah metodologi penelitian 1
Dosen Pengampu: khuriyah S.Ag, M.Pd.

                                                                       Oleh:
Abdul haris firdaus                                  (113111003)

Fakultas Ilmu  Tarbiyah dan keguruan
Jurusan Pendidikan Agama Islam
Institut Agama Islam Negeri Surakarta
2013


BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar belakang.
Anak adalah titipan dari Alloh yang di berikan kepada orang tua,yang sejatinya untuk di didik menjadi anak yang sholeh dan sholehah,dan dalam masa perkembangannya anak perlu di bimbing di awasi,mereka tidak sekedar membutuhkan materi yang cukup namun mereka juga membutuhkan perhatian, kasih sayang,dan juga pengawasan yang intensip agar dalam pembentukan kepribadiannya menjadi baik dan terkontrol.
            Namun Pada jaman sekarang ini berdalih untuk mencari uang atau harta  para orang tua lupa akan tanggung jawab mereka yaitu mendidik dan membimbing anak-anak mereka,mereka mempercayakan semuanya pada pembantunya untuk mengasuh dan merawat anak tersebut, mereka lupa bahwa anak-anak mereka memerlukan perhatian dan pengawasan dan tauladan dari orang tua yang itu tidak bisa di lakukan oleh pembantu-pembantu mereka,
Dan akibatnya karena anak selalu di layani oleh pembantunya anak menjadi manja dan tidak mau bekerja keras,anakpun juga menjadi nakal karana kurang adanya pengawasan dari orang tua, kurang sopan terhadap orang yang lebih tua darinya dan anak cenderung temperamen, suka mara apabila di peringatkan.
A.     Identifikasi masalah
1.      Anak menjadi manja dan tidak mau bekerja keras yaitu selalu mintak di layani dan di ambilkan oleh pembantunya
2.      Anak cenderung nakal berbuat sesuka hatinya karna kurangnya pengawasan dari orang tua
3.      Anak memiliki sifat  yang kurang baik,sombong dan angkuh terhadap temannya.
4.      Anak memilikai sikap yang tidak baik, kurang sopan terhadap orang yang lebih tua darinya
B.     Pembatasan masalah
Di Dalam suatu penelitian perlu adanya pembatasan masalah untuk menghindari kesalah fahaman di dalam memahami ,maka yang menjadi permasalah pokok dalam penulisan skripsi ini adala hubungan kesibukan orang tua terhadap kepribadian anak   di kota solo
C.    Rumusan masalah
berdasarkan masalah yang di temukan dapat disusun rumusan masalah sebagai berikut :
1.      Bagaimana  hubungan  orang tua dengan  anak di kota solo
2.      Bagaimana kepribadian anak di kota solo
3.      Apakah  kesibukan orang tua berhubungan dengan  kepribadian  anak di kota solo

D.    Tujuan penelitian
Tujuan  yang ingin di capai dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.      Untuk mengetahui hubungan orang tua terhadap kepribadian  anak di kota solo
2.      Untuk mengetahui kepribadian  anak  di kota solo
3.      Untuk mengetahui hubungan kesibukan orang tua terhadap kepribadian anak di kota solo
BAB II
KAJIAN TEORI
A.    Kajian  teori
1.      Kesibukan  orang tua
a.       Penegrtian kesibukan

b.      Faktor-faktor yang mempengaruhi kesibukan orang tua
2.      Kepribadian anak
a.       pengertian  kepribadian
Menurut asal katanya, kepribadian atau personality berasal dari bahasa latin personare, yang berarti mengeluarkan suara. Istilah ini di gunakan untuk menunjukkan suara dari percakapan seorang yang bermain sandiwara melalui topeng yang di pakainya. Pada mulanya istilah kepribadian adalah topeng yang di pakai oleh pemain sandiwara, di mana suara pemain itu di proyeksikan. Kemudian kata persona itu berarti pemain sandiwara itu sendiri.
Menurut sartain dalam psichology,understanding human behavior  istilah kepribadian yaitu suatu organisasi/susunan daripada sifat-sifat dan aspek-aspek tingkah laku lainnya yang saling berhubungan di dalam suatu individu.[1]   
Menurut marton prince (1924) personality is the sum total of all the biological innate dispasition, impulses, tendencies, appetities and instinct of the individual, and the acquired disposition and tandencies.di sini price melihat kepribadian sebagai penjumlahan dari aspek-aspek dan ciri kepribadian.[2]
b.      Aspek-aspek kepribadian
Kepribadian mengandung pengertian yang kompleks, ia terdiri dari  bermacam-macam aspek . Dan beberapa aspek itu adalah:
1.      Sifat
Yaitu sifat-sifat yang ada pada individu seperti antara lain:penekut,pemarah,suka bergaul,peramah,sombong, dan lain-lain.pendek katanya sisfat-sifat yang yang merupakan kecenderungan-kecenderungan umum pada seorang individu untuk menilai situasi-situasi dengan cara-cara tertentudan bertindak sesuai dengan penilaian itu.
2.      Sikap
Sikap adalah suatu cara bereaksi terhadap suatu rangsangan.suatu kecenderungan untuk bereaksi dengan cara tertentu terhadap suatu perangsang atau situasi yang di hadapi.
3.      Watak
Watak adalah struktur batin manusia yang tampak pada kelakuan dan perbuatannya, yang tertentu dan tetap.ia adalah ciri khas dari pribadi orang yang bersangkutan.contohnya periang, gembira, optimis, pesimistis,tenang, agresif dan lain-lain.
4.      Temperamen
Temperamen adalah sifat-sifat yang sangat erat hubungannya denagankontitusi tubuh.yaitu keadaan jasmani seorang yang terlihat dalam hal-hal yang khas baginyaseperti keadaan darah, pekerjaan kalenjar, pencernaan, pusat saraf, dan lain-lain.
Temperamen lebih merupakan pembawaan dan sangat terpengaruhi atau tergantung pada kontitusi tubuh.
c.       Faktor-faktor apa yang mempengaruh  kepribadian anak
d.      Bagaimana dampak kesibukan orang tua terhadap kepribadian anak
Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan dan kepribadian itu dapat di bagi menjadi berikut:
1.      Faktor biologis
Yaitu faktor yang berhubungan dengan keadaan jasmani, atau sering di sebut faktor fisiologis.
Keadaan jasmani ini bisa ada yang berasal dari keturuna maupun yangmerupakan pembawaan yang di bawa sejak lahir, dan itu memainkan peranan penting pada kepribadian seseorang.
2.      Faktor sosial dan keluarga
Yaitu faktor-faktor yang mempengaruhi anak  dari manusia-manusia lain atau masyarakat  di sekitar anak yang bersangkutan. yang itu meliputi masyarakat, keluraga dan kebudayaan di sekitar lingkungan tempat tinggal.
sejak di lahirkan anak telah bergaul dengan orang-orang di sekitarnya, yang pertama adalah keluarga baik itu ayah,ibu saudara-saudaranya dan lainnya, dalam perkembangan ini peran keluarga sangat penting dan menentukan bagi pembentukan kepribadian anak selanjutnya. yang di maksud dengan suasana keluaraga ialah bagaimana interaksi dan komunikasi  antara anggota-anggota keluarga, ada yang keluarga yang di liputi ketentraman,kemesraan atau permusuhan dan ketidak harmonisan,dan suasana keluarga tersebut juga mempengaruhi perkembangan kepribadian anak.
Yang kedua yaitu sosial atau orang-orang atau masyarakat di sekitar,bagaimana anak bergaul dengan dan berinteraksi dengan masyarakat di sekitarnya, apakah pergaulannya baik atau buruk itu juga dapat mempengaruhi kepribadian anak.[3]

B.     KERANGKA BERFIKIR
Kerangka pemikiran merupakan arah penalaran untuk dapat sampai pada pemberian jawaban sementara permasalahan yang di rumuskan.kerangka pemikiran yang di gunankan sebagai titk tolak pembahasan maslah sebagia berikut:
Orang tua merupakan agen sosialisai utama,seorang anak menemukan orang tuanya sebagai orang yang pertama memeluk, membelai dan mengasihinya secara fisik.kasih sayang serta perhatian orang tua merupakan  pelajaran  pertama yang di perolehnya tentang aspek emosional den kepribadian dalam kehidupan.pelajaran selanjutnya seperti nilai norma,sikap dan prilaku dapat di perhatikan dan tanamkan orang tua terhadap anak-anaknya .
Maka peran orang tua terhadapa pembentukan kepribadian anak remaja sengat penting sekali disamping membimbing juga menjaga pergaulan anak agar tidak terjerumus terhadap pergaulan yang negatif

C.     HIPOTESIS(JIKA ADA)
Menurut asal usulnya, hipotesis berarti suatu kumpulan atau pendapat yang masih kurang (hypo=kurang dari, thesis= pendapat ).jadi simpulan itu belum final karna masih harus di buktikan.(drs,marzuki,2003:35).
      Menurut sutrisno hadi (2000:63),hipotesis adalah dugaan yang mingkin benar atau mungkin juga salah,dia akan di tolak jika salah satu palsu dan akan di terima jika fakta-fakta membenarkannya.adapun hipotesis yang di ajukan penulis dalam penelitian ini adalah:ada pengaruh kesibukan orang tua terhadap kepribadian anak anak remaja di kota solo.
BAB III
METODOLOGI PENELITIAN
A.    METODE PENELITIAN
Metode penelitian merupakan cara yang di gunakan sebagai alat untuk memperoleh data yang obyek. penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan korelasional untuk mengetahui apakah ada hubungannya antara kesibukan orang tua dengan kepribadian anak di kota solo.

B.     TEMPAT DAN WAKTU PENELITIAN
1.      Tempat penelitian
Penelitian di laksanakan di kota solo, alasan di tetapkanya tempat in karena tempatnya setrategis dan mudah di jangkau karena tidak jauh dari tempat kediaman peneliti.
2.      Waktu penelitian
Waktu penelitian akan di laksanakan pada tanggal 18 juli 2013.
C.     POPULASI DAN SAMPEL
Populasi dan sample merupakan syarat mutlak dalam penelitian, karena hal tersebut berkududukan sebagai subyek yang akan diteliti.
1.      Populasi
Sasaran dari setiap kegiatan penelitian adalah untuk menemukan generalisasi yang berlaku secara umum. Sebelum melakukan penelitian terlebi dahulu menetapkan daerah tertentu yang akan dijadikan sasaran penelitian yang disebut populasi.
Populasi adalah keseluruhan subyek penelitian. Apabila seseorang ingin meneliti semua eleman yang ada dalam wilayah penelitian, maka penelitiannya merupakan populasi. Studi penelitiannya juga disebut studi populasi atau studi sensus (suharsimi arikunto, 2006:130)
Sedangkan menurut (sudarwan denim, 2000: 87), populasi adalah universum, dimana universum itu berupa orang, benda atau wilayah yang ingin diketahui oleh peneliti. Menurut sugiyono dalam A.Aziz Alimul Hidayat (2009:60) menerangkan populasi adalah wilayah generalisasi yang terdiri atas: obyek/subyek yang mempunyai kuantitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulannya.
Dari pengertian diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa populasi adalah suatu kelompok individu atau penduduk atau unsure-unsur yang mamiliki kesamaan cirri-ciri yang merupakan sumber data yang diteliti dan hasilnya dianalisa. Populasi penelitian ini adalah 40 anak r di kota solo
2.      Sampel
Sample adalah sebagian yang diambil dari populasi yang menggunakan cara tertentu (sudjana, 1996:161). Sample merupakan bagian populasi yang akan diteliti atau sebagian jumlah dari karakteristik yang dimiliki oleh populasi dalam A.Aziz Alimul Hidayat (2009:60). Dengan kata lain, semple adalah bagian dari seluruh anggota populasi yang akan diambil untuk mewakili populasi dalam sebuah penelitian sehingga hasilnya dapat digeneralisasikan.
Maka berkenaan dengan pendapat tersebut yang menjadi sample dalam poenelitian ini adalah anak  kota solo.
D.    TEKNIK PENGUMPULAN DATA
1.      Angket atau kuesioner
Angket adalah teknik pengumpulan data melalui formulir-formulir yang berisi pertanyaan-pertanyaan yang diajukan secara tertulis kepada seseorang atau sekumpulan orang untuk mendapat jawaban atau tanggapan dan informasi yang diperlukan oleh peneliti (MArdais, 2002:67). Menurut agus riyanto (2011:130) angket merupakan cara pengumpulan data mengenai suatu masalah yang umumnya banyak menyangkut kepentingan umum, angket dilakukan dengan cara mengedarkan suatu daftar pertanyaan yang  berupa formulir atau kuesioner.
Kuesioner adalah sejumlah pertanyaan tertulis yang digunakan untuk memperoleh informasi dari subyek dalam arti laporan untuk pribadinya atau angketnya adalah model tertutup dan langsung, artinya jawaban dari pertanyaan tersebut sudah ada dan jawabannya itu tercermin dari subyeknya. Angket ini digunakan untuk mencari data tentang kepribadian dan tingkah laku anak di kota solo.
2.      Interview
Yaitu tehnik pengambilan data dengan jalan tanya jawab sepihak yang di kerjakan dengan sistematik dan berlandaskan mpada tujuan penelitian.
            Metode ini di tujukan pada:
1.      Orang tua,sedangkan data yang ingin di peroleh adalah kondisi hubungan orang tua dan anak,kepribadian anak di rumah maupun di luar rumah,faktor-fatkor yang menjadikan kesibukan orang tua.
2.      Anak,sedangkan data yang ingin di peroleh dalah kebiasaan-kebiasaan anak di dalam dan luar rumah,bagaimana hubungannya anak dengan orang tua,dan lain-lain.
3.      TEKNIK ANALISIS DATA
Data yang telah terkumpul dianalisis secara statistic menggunakan uji korelasi Product Moment dari Pearson dengan rumus sebagai berikut:
Keterangan:
Rxy       : koefisien validitas
x          : skor pernyataan tiap nomor
y          : skor total
N         : jumlh responden
Intertpretasi hasil dikatakan ada hubungan yang signifikan apabila rhitung > rtabel dengan tingkat signifikan <0,05. Interpretasi nilai r disusun berdasarkan pendapat Arikunto (2002) sebagai berikut;
0,8 – 1                         : tinggi
0,6 – 0,8          : sedang
0,4 – 0,6          : agak rendah
0,2 – 0,4          : rendah
0,0 – 0,2          : sangat rendah (tak berkorelasi)
Rumus korelasi product moment dari pearson digunakan jika kedua data yang dianalisa merupakan data yang masing-masing membentuk distribusi normal dan berskala interval (singgih, 2000)



























DAFTAR PUSATAKA
M ngalim purwanto,psikologi pendidikan:PT remaja rosdakarya,bandung1984.


Nana syaodih sukmadina,landasan psikologi proses pendidikan,: PT remaja rosdakarya,bandung, 2003








[1] M ngalim purwanto,psikologi pendidikan, bandung:PT remaja rosdakarya,1984,hal  140-163


[2] Nana syaodih sukmadina,landasan psikologi proses pendidikan, bandung: PT remaja rosdakarya,2003hal137
[3] M ngalim purwanto,psikologi pendidikan, bandung:PT remaja rosdakarya,1984,hal  140-163

Tidak ada komentar:

Posting Komentar